Setelah Bersalin Amankah Bila Istri Mendapat Seks Oral

Setelah Bersalin Amankah Bila Istri Mendapat Seks Oral

Lintasmetro Setelah Bersalin Amankah Bila Istri Mendapat Seks Oral.Setelah bersalin, baik melalui persalinan caesar maupun normal, para ahli menyarankan ibu menunda berhubungan seks.

Tapi bagaimana bila suami ‘hanya‘ melakukan seks oral pada istri yang baru melahirkan? Bukankah aman-aman saja, mengingat tidak ada penetrasi?

Berikut penjelasan lengkap dari beberapa ahli mengenai hal ini:

Tunda Seks Oral Bila Masih Ada Pendarahan

Setelah melahirkan baik normal ataupun lewat operasi caesar, wanita akan mengalami pendarahan dari vagina. Dalam bahasa medis, pendarahan ini disebut lokia dan wajar terjadi untuk membantu tubuh menyingkirkan kelebihan darah, lendir dan jaringan plasenta dari rahim yang sebelumnya dibutuhkan janin.

Pendarahan ini, akan berakhir setelah rahim menyusut, umumnya pada minggu ke-6 atau 40 hari setelah melahirkan. Inilah yang disebut dengan masa nifas.

Nah Moms, bila seks oral dilakukan saat istri masih mengalami pendarahan, maka infeksi bisa terjadi! Demikian menurut Laura Fijolek McKain, dokter spesialis kandungan dan ginekologi dari Wilmington, North Carolina, AS, seperti dilansir Baby Center.

dr McKain juga mengingatkan agar pasangan tidak menggunakan tampon untuk menghentikan aliran lokia agar bisa melakukan seks oral.

Setelah Bersalin Amankah Bila Istri Mendapat Seks Oral

“Ini juga tidak boleh. Untuk mencegah infeksi, wanita yang habis bersalin tidak boleh memasukkan tampon, atau benda apa pun, termasuk lidah suami ke dalam vagina sampai dokter memberi ‘lampu hijau’,” tegasnya.

Seks Oral dan Jahitan Episiotomi

Tak hanya soal risiko infeksi akibat masih ada pendarahan, dr McKain mengingatkan suami perlu sangat berhati-hati dan memerhatikan betul posisi jahitan episiotomi bila ingin melakukan seks oral pada istri. Karena sangat mungkin, jahitan episiotomi belum sembuh sepenuhnya.

Perlu diketahui, dalam proses persalinan, ada beberapa kondisi yang membuat episiotomi atau menggunting perineum saat melahirkan perlu dilakukan. Hal ini sangat normal terjadi, dan biasanya dialami ibu yang baru pertama kali melahirkan normal.

Kapan luka jahitan episiotomi benar-benar sembuh?

Umumnya luka jahitan episiotomi sembuh dalam waktu 1 sampai 2 minggu setelah melahirkan. Namun ini tergantung pada kondisi setiap ibu dan besar kecilnya robekan.

“Jadi lebih baik, hindari kontak dengan daerah itu agar tidak mengganggu penyembuhan. Pastikan (seks oral) di sekitar klitoris saja,” tukas dr.Mc Kain.

Seks Oral dan Liur Suami

Satu hal lagi yang perlu diwaspadai bila ingin mendapat seks oral dari suami setelah melahirkan: air liur suami!

“Umumnya, wanita akan mengalami kekeringan vagina setelah melahirkan. Bayangkan bila akibat kekeringan ini suami lantas mencoba melembabkan organ intim istri dengan liurnya?Bisa infeksi! Bisa jadi tempat berkembang biak bagi jamur, bakteri dan meningkatkan risiko infeksi,” pungkas dr.Mc Kain.

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *