Tanda Tubuh Anda Butuh Detoks Gula

Lintasmetro.comTanda Tubuh Anda Butuh Detoks Gula.Makanan dan minuman manis memang menggoda. Sayangnya, rasa manis pada makanan dan minuman tak selalu berakhir manis bagi kesehatan.

Tak perlu menunggu hingga tanda-tanda diabetes muncul. Sebenarnya tubuh memiliki sinyal bila asupan gula sudah melebihi batas wajar. Berikut 5 sinyal tubuh yang menandakan bahwa Anda perlu mengurangi jumlah asupan gula.

1. Tak semanis dulu

Merasa kalau minuman manis kemasan rasanya menjadi sedikit hambar? Itu bisa menjadi tanda kalau tubuh sudah kebanyakan asupan gula. Kelebihan gula atau terlalu banyak asupan manis dapat mengembangkan intoleransi terhadap gula.

2. Tidak semangat

Meski benar bahwa gula akan terurai menjadi karbohidrat yang memasok energi ke tubuh, sayangnya kadar gula yang stabil tak bisa bertahan lama. Kadar gula yang tak terkendali justru bisa memicu penurunan tingkat energi, yang akhirnya membuat Anda merasa lelah, mengantuk, dan sedikit lamban dalam beraktivitas.

3. Berat badan meningkat drastis

Rutin konsumsi minuman manis dapat menyebabkan peningkatan berat badan 2-3 kilogram dalam sebulan. Pasalnya, gula sangat mudah dicerna dan disimpan sebagai lemak bila tidak digunakan sebagai energi.

Tanda Tubuh Anda Butuh Detoks Gula

4. Cepat lapar

Gula tidak memberikan nutrisi yang baik layaknya protein atau serat, sehingga tidak memiliki dampak positif pada pencernaan. Itu sebabnya, walau sudah makan dua potong donat gula, sekitar satu jam ke depan Anda bisa saja merasa lapar kembali seperti belum makan apa-apa.

5. Sulit fokus

Terlalu banyak konsumsi gula dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat yang telah dikaitkan kesulitan untuk fokus sementara.

Cara detoks gula

Walau sejatinya gula tak bisa dikeluarkan tubuh seperti halnya racun pada saat detoks, namun detoks gula bertujuan untuk mengendalikan konsumsi gula dan mengurangi kadarnya dalam darah.

Detoks gula dapat dilakukan selama 10 hari dengan cara tidak mengonsumsi semua minuman manis atau makanan olahan yang mengandung gula seperti donat, permen cokelat, serta biskuit.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

36 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *