Terbakar Hebat, Rumah Rata dengan Tanah

Terbakar Hebat, Rumah Rata dengan Tanah

Terbakar Hebat, Rumah Rata dengan Tanah

Lintasmetro.com – Terbakar Hebat, Rumah Rata dengan Tanah,dua rumah milik Rochmad Afandi dan Sutikno warga Dusun Kepuhsawo, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, terbakar Rabu (6/11).

Selain menghanguskan satu bangunan rumah, api juga membakar barang berharga milik korban. Seperti sepeda motor, perhiasan, surat berharga, hingga uang tunai Rp 16 juta.

’’Saya tahunya kobaran api sudah membesar,’’ ungkap istri Afandi, Susiati, ditemui Lintasmetro Radar Mojokerto, di lokasi. Ia menceritakan, rumahnya diketahui terbakar sekitar pukul 09.30.

Saat itu, dirinya sedang bersantai di rumah tetangga, dikejutkan dengan kepulan asap yang sudah membumbung tinggi dari rumahnya.

Warga juga mendengar suara jeritan minta tolong dari sekitar lokasi kebakaran. Sehingga, hal itu mengurungkan dirinya untuk menjemput anaknya di sekolah.

’’Jadi, sebelum saya berangkat menjemput anaknya di sekolah, tahu-tahu api sudah makin membesar,’’ tambahnya.

Tidak ada barang berharga yang bisa diselamatkan. Sebab, besarnya api membuat warga tak bisa mengevakuasi barang berharga di dalam rumah korban. Semua perabotan rumah tangga ikut hangus.

Terbakar Hebat, Rumah Rata dengan Tanah

Termasuk satu unit sepeda motor Yamaha Vega R Nopol S 4805 RF yang terparkir di dalam rumah berikut surat-surat berharga. Di antaranya, BPKB sepeda motor, ijazah, surat hak milik tanah,

dan kartu identitas, serta perhiasan senilai Rp 1 juta. ’’Ada uangnya juga Rp 16 juta yang saya taruh di almari kamar,’’ tambah Rochmad Afandi.

Warga hanya bisa melakukan pemadaman secara manual saat kobaran api kian membesar. Namun, upaya mereka gagal. Cuaca dan embusan angin kencang justru membuat api semakin sulit untuk dikendalikan.

Bahkan, dengan cepat api merembet ke bagian belakang rumah Sutikno. Jilatan api juga menyulut rumah Yono dan Handi. Kebetulan dua rumah tersebut berada di belakang dan di samping kanan rumah Rochmad Afandi.

Beruntung, belum sampai membesar, api yang menjalar ke rumah tetangga Afandi bisa dipadamkan. ’’Yang terparah memang milik Afandi, sampai bangunannya habis, karena terbuat dari kayu.

Sedangkan rumah Sutikno terbakar bagian belakangnya saja. Untuk dua rumah tetangga belakang dan kanan hanya tersulut api bagian atap saja,’’ ungkap Kapolsek Jetis, Kompol Subiyanto, di lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun, kerugian ditafsir mencapai Rp 200 juta.

Sementara sebelum api berhasil dipadamkan petugas sempat menghentikan truk tangki air isi ulang yang melintas guna dimintai bantuan memadamkan api. Tidak berlangsung lama menyusul mobil PMK datang.

Api baru berhasil dipadamkan pukul 11.05, setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Mojokerto,

dan satu dari Kota Mojokerto diterjunkan ke lokasi. ’’Hasil penyelidikan, dugaannya api berasal dari korsleting listrik,’’ pungkas Subiyanto.

Dibuat oleh – Lintasmetro.com

13 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *