Yu Sheng, Makanan Khas yang wajib ada di Hari Imlek

cny-yee-sangyu sheng yusheng3

Oke. Masih mengenai pembahasan tentang perayaan menjelang hari imlek. Menu Yee shang adalah menu spesial yang wajib ada di hari penting seperti di hari perayaan imlek.

Makanan Yee Shang adalah makanan pembuka di malam pergantian hari imlek yang dilakukan setiap tahun oleh orang etnis tionghoa.

Mungkin sekarang sudah jarang masakan ini ada secara umum, karena seiring berjalannya waktu masakan ini hanya disediakan oleh hotel ataupun Restoran yang khusus menjual masakan tersebut.

Masakan ini mempunyai arti yang sangat unik dan untuk orang tua yang hidup di zaman dahulu makanan ini sudah pasti wajib ada.

Karena Masakan Yee Shang melambangkan simbol kemakmuran. Jadi sudah tidak heran lagi jika orang etnis tionghoa selalu mengkaitkan makanan dengan makna yang mempunyai arti yang mendalam dan kadang untuk orang awam mungkin sulit untuk kita mengerti.

Untuk hidangan Yee Shang biasanya terdiri dari berbagai paduan sayuran segar dan dicampur dnegan saus plum, kacang tanah, minyak wijen, rempah-rempah, kulit kayu manis yang mempunyai wangi yang khas dll.

Rasa Yee Shang yang khas yang mempunyai banyak rasa yang ada di dalam penyajian masakan tersebut.

Rasa manis,asam dan asin yang ada dalam masakan Yee Shang mempunyai pengharapan dimana tahun yang dijalani akan berlangsung tanpa bencana dan makmur sepanjang tahun.

Saus terpisah yang dihidangkan dalam penyajian masakan Yee Shang harus dicampur sendiri dengan sumpit oleh semua orang yang memakannya dan harus dilakukan secara bersamaan. Masakan Yee Shang yang disajikan terdapat beberapa perbedaan di masing-masing negara.

Seperti, di Indonesia, Penyajian masakan khas Yee Shang oleh orang warga Tio Chiu ada yang dibuat dari potongan ikan mentah yang halus dan kemudian diaduk dengan saus kacang dan sayur-sayuran khas yang hanya dijual pada musim menjelng perayaan hari imlek.

Semakin masakan Yee Shang yang diangkat semakin tinggi makan artinya semakin baik pula peruntungan yang ada pada tahun yang baru. Biasanya tradisi mengaduk Yee Shang dan mengangkat Yee Shang tinggi di namakan dengan Lo Hei.

Sebenarnya masakan tradiisi Yee Shang yang ada di dalam hari perayaan ataupun pergantian hari imlek berasal dari sejarah kehidupan orang tiongkok dimana seorang nelayan yang berada disepanjang pesisir pantai Guangzhou yang merayakan seminggu hari perayaan imlek karena hasil tangkapan ikan yang besar.

Bisa dibilang potongan ikan mentah yang disajikan dalam proses hidangan Yee Shang hampir sama dengan tradisi masakan orang jepang yang dinamakan dengan sashimi. Hanya saja mungkin prosesnya sedikit berbeda.

Tapi yah setiap hidangan tradisi masakan yang ada di setiap negara kan berbeda-beda. Sudahkah ini menginpirasi anda untuk mencoba masakan Yee Shang di perayaan imlek yang akan dilakukan sebentar lagi? Thank you for reading this and please kindly sucribe this.

 

 

1395 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *