Patung Yang Berlapis Emas di China

mao

LintasMetro.Com  —  Hampir 40 tahun setelah kematian Mao Zedong, pendiri Republik Rakyat Cina, namun pengaruhnya tak juga luntur. Untuk menghormati pemimpin Partai Komunis tersebut, penduduk serta pengusaha di desa Tongxu, dekat Kaifeng, Provinsi Henan China, membangun sebuah patung raksasa yang menyerupai Mao Zedong yang berlapis emas.
Seperti dikutip dari Metro, Jumat (08/01/2016), patung pria yang dijuluki Great Helsman itu tingginya 36 meter dan menghabiskan dana hingga ratusan juta dolar Amerika.
Uniknya, provinsi Henan sendiri sebenarnya merupakan salah satu daerah termiskin di Cina, serta salah satu daerah yang pernah dilanda kelaparan saat kepemimpinan Mao Zedong.
maoo
Kepemimpinan Mao Zedong sendiri diprotes banyak pihak sejak ditemukannya arsip yang menyimpulkan kalau ia merupakan pembunuh massal terbesar dalam sejarah. Pun demikian, Mao masih dipuja di banyak tempat di Cina. Potretnya dapat ditemukan di Lapangan Tiananmen, Beijing, dan wajahnya terdapat di uang kertas.
Meski proyek tersebut terdengar fantastis, banyak netizen di situs micro-blogging Cina Weibo yang tidak terkesan. Salah satu pengguna malah berkomentar, “Bagaimana kalau menggunakan uang sebanyak itu untuk mengentaskan kemiskinan terlebih dahulu?
1017 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *