Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia

Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia

Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia
Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia

LINTASMETRO.COM – Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica Merupakan Seorang Politisi Yang Dibesarkan Dalam Kehidupan Sederhana Di Pinggiran Kota Montevideo.Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia

Dalam kisah hidupnya Jose mujica pernah mendekan di penjara selama 14 tahun pada tahun 1971. Dia dipenjara atas kegiatan gerilya dengan organisasi revolusioner tupamaro.Jalan Kisah Hidup Mantan Presiden Termiskin Di Dunia

Kegiatan Organisasi tersebut melawan hukum seperti,kekerasan,pembakaran hingga pembunuhan yang dilakukan organisasi tersebut.

Keinginan mereka ingin melumpuhkan atau melemahkan kepemimpinan represif uruguay, Selama menjadi pemberontak pada tahun 1960 hingga 1970an,sempat di tembak enak kali dan dipenjara.

Jose mujica dan teman-teman nya kerap juga merampok sejumlah bank dan kemudian uang yang mereka dapatkan dibagikan kepada rakyat yang kurang mampu.

Namun masa pemberontakan mereka harus berakhir dikarenakan banyak anggotanya yang terbunuh dan tertangkap,Hal itu juga membuatnya ikut terseret kedalam sel.

Setelah jose mujica bebas dari sel tersebut,ia memulai perjalanan politiknya sebagai salah satu suara termuka gerakan partisipasi rakyat (MPP).

Jose dikenal sebagai seorang yang handal dalam peternakan dan pertanian, dan pada tahun 2005 dan 2008 ia sah di angkat menjadi menteri peternakan dan pertanian.

Karir politiknya yang terus meningkat yang membuatnya mengantarkan ia Pada tahun 2010 ia berhasil menjabat sebagai presiden uruguay sampai 2015.

Yang bersahil mengalahkan mantan presiden Luis Alberto Lacalle Herrera,dan Jose mulai menjabat sebagai presiden uruguay pada 1 maret 2010.

Selama menjabat sebagai Presiden dengan gaji yang Rp.120 juta iya hanya mengambil gajinya untuk digunakan sebagai biaya hari-hari hanya Rp.800 ribu.

Semua sisa gaji nya di Donasikan untuk kepada rakyat yang kurang mampu dan pengsusaha kecil,mujica pun disebut sebagai presiden dermawan.

Kerap disebut presiden termiskin di dunia,jose mujica memang bergaya hidup sederhana,Ia memili hidup di daerah pertanian dengan sang istri.

Jose dan istri juga menanam bunga untuk menambah pendapatan hidupnya, Di rumah jose mujica juga tak ada penjaga yang menjaga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *