Mengapa ketika berciuman mata otomatis terpejam?

LintasMetro.com – Mengapa ketika berciuman mata otomatis terpejam?. Jika Anda pernah merasakan indahnya berciuman, tentu tahu bahwa jika berciuman entah mengapa secara otomatis mata akan terpejam. Hal ini mungkin adalah hal yang aneh, mengingat kita seakan-akan hanya menggunakan perasaan untuk saling berciuman. Bahkan, mungkin akan tak sopan jika berciuman dengan membuka mata.

Ciuman bibir ternyata jadi salah satu kegiatan yang menyehatkan bagi pasutri lho. Ciuman punya banyak manfaat diantaranya membuat kamu dan suami makin dekat dan juga saling percaya. Salah satu penelitian pun membuktikan jika kamu berciuman selama setidaknya 20 detik maka akan akan terhindar dari stres dan menjadi bahagia.

Mengapa ketika berciuman mata otomatis terpejam?

Mengapa ketika berciuman mata otomatis terpejam?

Namun mengapa hal ini terjadi? Apakah ada penjelasan ilmiah akan otomatis terpejamnya mata dengan berciuman? Well, ternyata sebuah studi tentang indera peraba dan indera penglihatan bisa menjelaskan.

Dilansir dari Lintas Metro, mempublikasikan penemuannya tentang hal ini di Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance. Para ilmuwan ini tidak mencoba untuk mempelajari perilaku orang dalam berciuman, jadi mereka tak melakukan penelitian dengan partisipan yang berciuman. Mereka justru mencari tahun bagaimana manusia memproses sensasi sentuhan.

Penelitian ini mewajibkan para partisipan untuk melihat layar dengan angka yang ditampilkan dengan cepat, dan mereka harus bilang jika menemukan hurup X atau N. Di waktu yang sama, mereka juga diharuskan untuk merasakan getaran yang didapatkan dari alat yang dipasang di tangan kanan dan kiri mereka.

Hasilnya, ketika huruf makin membingungkan, partisipan makin sulit pula untuk menyadari adanya getaran di tangannya.

Kesimpulannya, jika seseorang terlalu banyak mendapat stimulus secara visual, seseorang tersebut akan makin sulit untuk mendapatkan stimulus perasa. Hal inilah yang menjelaskan mengapa kita secara otomatis akan memejamkan mata ketika berciuman. Kita ingin mendapat fokus lebih di stimulus perasa yang mana merupakan hal yang sangat penting ketika berciuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *